Monday, February 19, 2007

Sick man In teh Sick Place

Tiba-tiba saja terbersit kata – kata itu di fikiranku” sick man in the sick place ..” Ya..kita sering kali melihat kejadian ini. Kita melihat ada banyak orang-orang yang sakit karena lingkungan nya sakit dan malam ini saya menyaksikan hal tersebut. Malam ini saya menyaksikan ada orang yang bisa tertawa terbahak-bahak melihat sebuah tayangan TV tapi hanya sejenak karena pada saat yang tidak lama kemudian orang itu berteriak mengatakan bahwa dia ngantuk.

Sementara di sudut ruangan ini juga saya sedang melihat seorang yang sedang sibuk mengerak-gerakan pembersih debu di jelang tengah malam ini, entah lah mungkin karena dia tidak mau melakukannya siang hari atau karena malam ini sedang tidak bisa tidur.

Saya tidak sedang ada di sebuah rumah sakit jiwa , tidak ..saya sedang ada di sebuah tempat berkumpul orang-orang terhormat,tempat para aktivis berkarya..ironis….

Sick man in the sick place…kata – kata ini mungkin tidak terlalu pas menggambarkan suasana ini karena mungkin mereka tidak sakit bahkan mungkin sebaliknya sayalah orang sakit itu.

Ada hal yang kemudian terfikir malam ini. Banyaknya aktivitas bisa saja akhirnya membuat seseorang menjadi kering jiwanya dan akhirnya menjadi orang-orang yang sakit.Kesepian dalam jiwa tidak bisa disembunyikan dengan kita terbahak-bahak mentertawakan kehidupan ini karena tatapan nanar akan masih bisa terbaca jelas.

Perlu kebesaran hati untuk tidak menjadi orang sakit. Perlu nrimo yang proporsional . dan yang penting kita perlu istirahat dari gerusan hidup yang memang ganas ini. Kita tidak perlu terbahak karena terbahak bisa mematikan nurani kita. Kita hanya perlu tersenyum ,karena dengan tersenyum kita bisa menghadapi masalah dengan bening dan menjadi orang yang bahagia . semoga kita tidak menjadi sick man in the sick place…..

No comments: