Wednesday, May 2, 2007

Berhati-hatilah akan Tipu Daya Setan

Saat kau menunda sebuah kebaikan, maka saat itu pula, kau terjebak dalam tipu daya setan...dan engkau akan terlena dalam kelalaian yang ia ciptakan

Sandiwara yang diperankan oleh setan, senantiasa tak kita sadari. Saat kita bertekad untuk berubah menjadi lebih baik, setan takkan membiarkan niat itu terpenuhi begitu saja. Dia akan senantiasa berusaha memalingkan diri kita dari niat baik tersebut. Ibnul Qoyyim berkata: "Semangat setan menggagalkan niat baik seorang manusia lebih besar daripada niat orang tersebut ketika akan melakukan niat baik."

Tipu daya setan itu akan merintangi setiap perbuatan atau bahkan niat baik seorang hamba. Dan agar tipu daya tersebut tidak nampak, ia menggunakan cara seolah-olah hal itu adalah kasih sayang, padahal ia adalah racun. Ia akan mencari alasan agar manusia tidak melangkah untuk merubah diri menjadi lebih baik, dia mencari dari sisi harapan baik, dari masa sulit yang sedang dihadapi, atau dari sisi manapun yang tidak akan terlepas dari kehidupan seorang manusia. Karena itu ketika seseorang akan melangkah menuju kebaikan, ia dengan percaya diri datang, lalu berkata:"Sebenarnya tekad yang kamu miliki untuk menempuh kebaikan, mencari petunjuk Allah swt adalah sebuah rencana yang baik, dan mulia yang perlu diberi perhatian. Tapi kamu melupakan satu rintangan kecil yang dapat menggagalkanmu. Seandainya kamu bersabar sebentar saja dengan menunggu waktu yang tepat, maka kamu dapat mewujudkan semua kebaikan dunia dan akhirat yang kamu inginkan."

Demikianlah, sehingga kau seseorang menunda-nunda kesempatan untuk menjadi lebih baik tanpa kau sadari...


Dikutip dari Siapa yang Menghalangimu Mendapatkan Hidayah by Abdullah bin Abdul Aziz Al-Aidan. Penerbit: Zikrul

--Khizr--

No comments: