Monday, March 12, 2007

MOTIVASI DARI SAHABAT DI SINGAPORE

Menghidupkan Malam

Disalin dari buku: Beginilah Akhlaq Salaf
Penulis: Ahmad fariq
Penerbit: Pustaka Barokah

Point ke 20: Diantara akhlaq mereka radhiallahu'anhum adalah kedisiplinan mereka dalam menghidupkan malam baik di musim panas maupun dingin.

Sabda Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam: "Hendaknya kalian menghidupkan malam karena ini merupakan kebiasaan orang2 salih sebelum kalian, sebagai upaya mendekatkan diri kepada Rabb kalian, juga sebagai penghapus kesalahan, mencagah dari perbuatan dosa, juga untuk mengusir penyakit dari badan." (HR. At Tirmidzi)

Abdullah Ibn Mas'ud mengerjakan sholat ketika banyak pasang mata sedang terlelap. Kemudian terdengarlah dengungan seperti dengungan lebah sampai pagi.

Abdul Aziz bin Abi Dawud bebaring di atas dipan seraya berkata, "Alangkah empuknya kamu, tetapi dipan surga jauh lebih empuk darimu." Ia lalu berdiri untuk mengerjakan sholat dan masih terus shalat hingga fajar menyingsing.

Adalah Nabi Sholallahu'alaihi wa sallam sholat hingga kedua telapak kaki dan betisnya bengkak. Dikatakan kepada beliau, "Mengapa Anda mengerjakan yang demikian? Bukankah dosa Anda yang telah lalu maupun yang akan datang telah diampuni?" Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam bersabda: "Aku hanya ingin menjadi hamba yang bersyukur." (HR. BUkhori, Tirmidzi, dan Nasa'i)

***reminder untuk diri sendiri...masak bangun malam cuma untuk ganti popok anak? padahal hanya selangkah menuju kamar mandi, lalu wudhu. Dinginnya malam, empuknya kasur...ayoo dilawan rasa malasnya!!!

Allahumma inni a'udzubika (Ya Allah, aku berlindung kepadaMu)
minal hammi wal khazani (dari susah dan sedih)
wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali (lemah dan malas)
wa a'udzubika minal jubni wal bukhli (pengecut dan bakhil)
wa a'udzubika min ghalabatid daini wa qahrirrijaal (lilitan hutang dan penindasan)

Labels: Hadist, Nasihat


posted by Ummu Khansa

No comments: